Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Sragi

Heri Teguh Wicaksana(1*), Andi Asmawati Azis(2), Sitti Marliyah(3),

(1) SMPN Satu Atap 1 Sragi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 26 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran yang berlangsung di SMP Negeri Satu Atap 1 Sragi berlangsung satu arah berpusat pada guru menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan model PBL (Problem Based Learning). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas VIII B dengan jumlah 23 siswa. Data penelitian ini berupa data kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan dengan 3 siklus, siklus I dan siklus II dilaksanakan secara luring (tatap muka) dan siklus III dilaksanakan secara daring (on-line). Tehnik pengumpulan data diperoleh dari nilai post tes pada tiap siklus. Berdasar hasil analisis diperoleh nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 70,43, pada siklus II sebesar 87,36, dan siklus III sebesar 76. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 56%, pada siklus II sebesar 88% dan siklus III sebesar 80%. Pada siklus II terjadi peningkatan, dari siklus I. dari 56% menjadi 88%. Sedangkan pada siklus III terjadi penurunan hasil belajar siswa sebesar 8%. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembelajaran pada siklus III dilakukan secara daring, sehingga siswa dalam menerima materi kurang maksimal. Meskipun demikian metode PBL (Problem Based Learning) dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam pelajaran IPA.

Kata Kunci : Metode Problem Based Learning, hasil belajar, daring, luring


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 45 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.