Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Memancing ‘Ikan’ Suku Kata

Rifka Irfainy(1*), Muhammad Akil Musi(2), Andi Syahriah(3),

(1) TK Kidsstar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Lestari
(*) Corresponding Author



Abstract


Latar belakang penelitian ini ialah kemampuan bahasa anak pada kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Taman PAUD Doa Ibu. Ditemukan permasalahan yaitu banyak anak yang belum mampu memenuhi indikator kemampuan bahasa serta masih ada beberapa anak yang kesulitan mengenal huruf. Hal ini disebabkan oleh penyebab awal berupa proses belajar yang cenderung konservatif dan pengaplikasian metode mengajar hanya satu arah serta terlalu banyak ‘ceramah’ sehingga membuat anak kurang tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan secara umum penelitian ini adalah mengetahui penerapan kegiatan bermain memancing ‘ikan’ suku kata untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak pada kelompok B (usia 5-6 tahun) di TK Taman PAUD Doa Ibu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 5 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi dan dokumentasi. Kemampuan bahasa anak setelah diberikan kegiatan memancing ‘ikan’ suku kata mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan setiap siklusnya. Anak dapat menebak huruf dengan baik dan anak juga dapat mengenal dan menyebutkan suku kata. Rekomendasi bagi guru dan peneliti selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak melalui kegiatan bermain memancing ‘ikan’ suku kata yang disarankan dan media pendukung yang variatif sehingga membuat anak antusias dalam pembelajaran

Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Anak Usia Dini, Pengembangan Bahasa, ikan suku kata


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 162 times | PDF view : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.