Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Hariyani Hariyani(1*), Adnan Adnan(2), Amira Amira(3),

(1) SMPN 1 Ambarawa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 8 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan di SMPN 1 Ambarawa. Subyek penelitian kelas VIIA SMPN 1 Ambarawa. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan teknik analisis deskriptif presentase. Dari hasil penelitian diperoleh hasil belajar kognitif peserta didik pada siklus 1 diperoleh rata–rata 85 dengan ketuntasan klasikal 81,25%, dan pada siklus 2 diperoleh rata–rata 86,9 dengan ketuntasan klasikal 90,4%. Berdasarkan fakta ini maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah bisa meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik Kelas VII SMPN 1 Ambarawa

Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Hasil Belajar kognitif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 57 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.