Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Al-Karim Kota Bengkulu

Oty Damitri(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Harisah Alim(3),

(1) SMP Alkarim Kota Bengkulu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 18 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam tiga kegiatan belajar dengan materi usaha dan pesawat sederhana, selama 31 hari efektif yang telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan bulan Juli 2021. Sampel penelitian adalah kelas VIII dengan jumlah peserta 15 siswa dengan alat pengumpul data berupa lembar test akhir setiap kegiatan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan belajar I, persentase ketuntusan belajar yang diperoleh adalah 60%, pada kegiatan belajar II, persentase ketuntasan belajar yang diperoleh adalah 73% dan pada siklus III, persentase ketuntusan belajar yang diperoleh adalah 86,67%. Dari hasil analisa data diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan adanya peniingkatan persentase hasil belajar dari kegiatan belajar I ke kegiatan belajar II hingga kegiatan belajar III.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.