Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Titin Nasrofah(1*), Jusniar Jusniar(2), Rostina Arsani(3),

(1) SMP Terpadu Maarif Gunungpring
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP N 15 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIIB melalui metode pembelajaran problem based learning di SMP Terpadu Ma’arif Gunungpring. Hasil penelitian, setelah menerapkan metode pembelajaran problem based learning, menunjukkan peningkatan minat dan hasil blajar IPA. Hal ini ditunjukkan dengan skor rata-rata angket minat belajar peserta didik pada siklus I sebesar 2,51. Siklus II meningkat menjadi 3,24. Siklus III meningkat menjadi 3,53. Hasil belajar peserta didik juga telah meningkat, hal ini dapat dilihat dengan nilai rata-rata siklus I untuk rata-rata nilai pengetahuan yaitu 71,43. Hasil belajar meningkat 90,00 pada siklus II dan 92,00 pada siklus III. Disarankan kepada guru untuk menggunakan metode pembelajaran problem based learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: minat, hasil belajar, problem based learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.