Meningkatkan Kemampuan Identifikasi Pola Menggunakan Media Sate Buah Pada Anak TK

Zuhrotul Baiti(1*), Hajerah Hajerah(2), Sitti Hafsah(3),

(1) TK Melati 2 Rejosari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Taman PAUD Doa Ibu Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data hasil belajar identifikasi pola pada anak kelompok A TK Melati 2 Rejosari sebelum dilakukan tindakan, melakukan tindakan dengan media sate buah sebagai upaya meningkatkan kemampuan identifikasi pola pada anak kelompok A TK Melati 2 Rejosari, dan mengumpulkan data tentang kemampuan identifikasi pola pada anak kelompok A TK Melati 2 Rejosari setelah dilakukan tindakan. Penilitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah kelompok A TK Melati 2 Rejosari yang berjumlah 15 anak.Teknik analisis data untuk menguji hipotesis tindakan yang digunakan adalah teknik diskriptif kualitatif dengan membandingkan ketuntasan belajar anak sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan 20% anak yang mendapatkan (***) 3 dan (****) 4 dari siklus I ke siklus II, dan 20% dari siklus II ke siklus III. Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan kemampuan membaca anak sebesar 20%, jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan sate buah dapat meningkatkan kemampuan identifikasi pola.
Kata kunci: Identifikasi Pola, Media, Sate Buah


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 156 times | PDF view : 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.