Penerapan Model Pembelajaran Type Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri SATAP Pulo Battoa

Darliati Darliati(1*), Amra Ariyani(2), Nurul Asma(3),

(1) SMP Negeri SATAP Pulo Battoa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri SATAP Pulo Battoa
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Make a match dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VII SMP Negeri SATAP Pulo Battoa. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 14 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif dan diperoleh hasil belajar bahasa inggris siswa khususnya pada materi memberi dan meminta informasi terkait nama waktu mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Jumlah siswa yang mencapai KKM 63 (tuntas) pada skor dasar adalah 6 orang (42,85%), sedangkan ulangan harian I pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 10 orang (71,42%%). Sedangkan pada ulangan harian II pada siklus II jumalah siswa yang mencapai KKM yaitu 12 orang dari 14 siswa sebesar (85,71%)

Kata Kunci: Metode, Make a match, hasil belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.