Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP

Putri Malithasari(1*), Jusniar Jusniar(2), Rostina Arsani(3),

(1) SMP Kristen Lentera Ambarawa
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 15 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi abad 21 telah mengubah karakteristik pesertadidik sehingga memerlukan orientasi dan cara pembelajaran yang inovatif. Pada kenyataan di Lapangan pembelajaran di SMP Kristen Lentera Ambarawa masih didominasi oleh guru, peserta didik masih pasif dan hasil belajar peserta didik juga masih rendah, yakni 50% peserta didik masih belum mencapai KKM. Rekomendasi kurikulum 2013 adalah penerapan yang melibataktifkan siswa. Model Problem Based Learning dalam penelitian ini adalah salah satu model yang melibataktifkan peserta didik. Penelitian ini dirangkai dengan Praktik Pengalaman Lapangan dengan 3 set implementasi pembelajaran PBL. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar pada materi objek IPA dan pengamatannya. Hasil penelitian ditemukan aktivitas set 1, 2, 3 mengalami peningkatan aktivitas set 1 adalah 23,07 %, set 2 adalah 48 %, dan set 3 adalah 60 % peserta didik mulai aktif. Ketercapaian KKM hasil belajar peserta didik set 1 adalah 30,77%, set 2 adalah 41,67 %, dan set 3 adalah 60%.Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Kristen Lentera Ambarawa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Peningkatan, Hasil Belajar,
Aktivitas Belajar, IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 75 times | PDF view : 605 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.