Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Retno Wahyuningsih(1*), Abdul Haris(2), Asmawati Asmawati(3),

(1) SMP Negeri 2 Binangun
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP N 6 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Binangun dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada pokok bahasan suhu dan perubahannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 2 Binangun yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes pengetahuan di tiap akhir siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas belajar peserta didik sebesar 62,50% yang kemudian meningkat menjadi 81,25% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 87,50%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif pada siklus I mencapai 62,50% dan meningkat pada siklus II menjadi 75,00% dan pada siklus III menjadi 87,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 40 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.