Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Kartu Huruf Bergambar di TK Islam Terpadu Al Khair Barabai

Mahdalina Mahdalina(1*), Herman Herman(2), Widya Praningrum(3),

(1) TK Islam Terpadu Al Khair
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar anak pada kemampuan kemampuan mengenal huruf melalui kartu huruf bergambar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan tes analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok B berjumlah 25 anak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus, dengan tahapan-tahapan kegiatan yang meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Sebelum dilakukan tindakan pada Prasiklus 8% mendapat bintang 1 atau belum berkembang (BB), 60% mendapat bintang 2 atau mulai berkembang (MB), 28% mendapat bintang 3 atau berkembang sesuai harapan (BSH) dan 4% mendapat bintang 4 atau berkembang sangat baik (BSB). Pada Siklus I, 0% BB, 48% MB, 4% BSH, dan 12% BSB. Pada Siklus II, 0% BB, 8% MB, 72% BSH, dan 20% BSB. Dengan demikian, penggunaan kartu huruf media bergambar dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak di TK Islam Terpadu Al Khair Barabai.

Kata Kunci: Mengenal Huruf, Kartu Huruf, Media Gambar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.