Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning di SMP Islam Sudirman Juwangi

Dyah Ayu Listantiningtyas(1*), Ramlawati Ramlawati(2), Muhammad Harisah Alim(3),

(1) SMP Islam Sudirman Juwangi
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP N 18 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjeknya adalah siswa kelas VIIA SMP Islam Sudirman Juwangi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan lembar test akhir setiap siklus.Teknik lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus III. Persentase ketuntasan belajar Siklus I 64,28 %, Siklus II 78,57% dan siklus III 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Kata kunci : Aktivitas, Hasil belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 64 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.