Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan (KDTK) SMK Negeri 1 Tembuku
(1) SMK Negeri 1 Tembuku
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 3 Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Asisten Keperawatan dalam pembelajaran Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan di SMK Negeri 1 Tembuku melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklusnya dilaksanakan selama 14 hari dengan tahapan kegiatan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI kompetensi keahlian Asisten Keperawatan SMK Negeri 1 Tembuku tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 9 orang. Data dari penelitian ini, diperoleh dari instrument penilaian hasil belajar siswa baik pada ranah pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 70,56 dengan nilai KKM 65 dan ketuntasan klasikal sebesar 77,78%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 76,67 dengan nilai KKM 65 dan ketuntasan klasikal sebesar 88,89%. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Keterampilan Dasar Tindakan Keperawatan.
Kata kunci: problem-based learning, personal hygiene, hasil belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 111 times | PDF view : 16 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.