Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Permainan Media Kartu Angka Pada Kelompok A Di TK Tunas Melati Merauke

Dewi Sulistyowati(1*), Kartini Marzuki(2), Susilawati Susilawati(3),

(1) TK Tunas Melati Merauke
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Islam Al Azhar 34 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendidikan anak usia dini di TK Tunas Melati untuk pembelajaran kognitif khususnya berhitung kurang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan kartu angka buatan guru. Subyek penelitian adalah peserta didik TK Tunas Melati Merauke yang berjumlah 10 peserta didik. Objek dalam penelitian ini yaitu kemampuan kognitif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi, instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan dengan praktik langsung dalam kegiatan main menggunakan kartu angka, lebih menarik dan diminati anak di TK Tunas Melati Merauke dengan mencapai keberhasilan berupa peningkatan di setiap pertemuan.

Kata Kunci : Kognitif, Media Kartu Angka


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 49 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.