Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Ekspresif Melalui Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Kelompok B

Nur Hilmiyah(1*), Muhammad Akil Musi(2), Inneke Alriani(3),

(1) PPG PGPAUD
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pengembangan kemampuan berbahasa ekspresif khususnya anak kelompok B TK Dharma Wanita Gandusari masih kurang, maka perlu adanya inovasi dan kreasi dalam pembelajaran. Pandemi yang membawa dampak disegala aspek terutama pada aspek pendidikan. Sehingga muncul kasus anak sulit mengekspresikan informasi kedalam bahasanya sendiri. Rumusan yang timbul dari permasalahan ini adalah bagaimana meningkatkan kemampun bahasa ekspresif anak melalui kegiatan bercerita dengan media boneka tangan pada siswa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan anak dalam berbahasa ekspresif pada kelompok B TK Dharma Wanita Gandusari melalui metode bercerita dengan media boneka tangan. Kesimpulan dari observasi pada proses pelaksanaan praktek pembelajaran diketahui bahwa pada siklus satu prosentasenya 58,3%, kemudian pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 75%, dan pada siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 90% terlihat dari 3 anak mendapat bintang 4 dan 2 anak mendapat 3 bintang. Melalui kemampuan berbahasa anak dapat berkomunikasi untuk memperoleh pengalaman sosialnya dengan lingkungan dimana anak berada.

Kata Kunci: Peningkatan, Berbahasa, Ekspresi, Berbicara, Boneka Tangan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.