Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar

Zahrotun Nisa(1*), Azizah Amal(2), Alia Nilawati(3),

(1) PPG PGPAUD
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kemampuan keaksaraan awal pada anak usia dini merupakan salah satu indikator capaian perkembangan yang harus dikembangkan untuk bekal anak usia dini dalam menuju jenjang pendidikan diatasnya. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis melakukan penelitian untuk membantu anak meningkatkan kemampuan keaksaraan awal melalui pembelajaran inovatif bermain dengan kartu huruf bergambar. Berdasarkan rumusan masalah dan hipotesis tindakan yang dilakukan peneliti di kelompok B TK Al Hidayah Slorok memperoleh hasil dari 15 peserta didik terdapat 12 anak yang berhasil meningkatkan kemampuan keaksaraan awal dan mengetahui bunyi dari huruf tersebut. Dan dengan ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan keaksaraan awal melalui kegiatan bermain kartu huruf bergambar dinyatakan berhasil, sehingga kegiatan ini dapat diterima sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal.

Kata Kunci: Kemampuan, Keaksaraan Awal, Kartu Huruf.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 449 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.