Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Sikap Disiplin Dan Komunikatif Peserta Didik

Yuliani Dewi(1*), St. Fatma Hiola(2), Delviany Delviany(3),

(1) SMK Negeri 2 Pelaihari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 5 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap disiplin dan komunikatif peserta didik melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan A Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pelaihari yang terdiri dari 15 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sikap disiplin dari siklus I sebesar 50%, siklus II sebesar 72%, siklus III sebesar 92%, serta menunjukkan adanya peningkatan sikap komunikatif dari siklus I sebesar 58%, siklus II sebesar 75%, dan siklus III sebesar 93 %.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Sikap Disiplin, Komunikatif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 42 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.