Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Problem Based Learning

Titi Sholihat(1*), Adnan Adnan(2), Ernawati Nur(3),

(1) SMKN 2 Pelaihari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMAN 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan Model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang didalamnya terdapat kegiatan perencanaan , pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Asisten Keperawatan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pelaihari yang terdiri dari 16 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data mengunkan teknik observasi, dan tes. Teknik analisis data meliputi perhitungan persentasi dengan standar kualitatif keaktifan peserta didik dan rata-rata hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil peserta didik.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, motivasi, hasil belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 59 times | PDF view : 206 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.