Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Hadiansyah Hadiansyah(1*), Adnan Adnan(2), Ernawati Nur(3),

(1) SMK Negeri 2 Pelaihari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMA Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan B Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Pelaihari pada Mata Pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning yang dilatarbelakangi keadaan hasil belajar peserta didik yang rendah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan sistem siklus yang didalamnya terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, yang mana setiap siklusnya berlangsung selama 10 hari. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan B Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 15 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan ketuntasan belajar peserta didik menjadi 33 % pada siklus I, 53% pada siklus II, dan 80% pada siklus III. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Penyakit dan Penunjang Diagnostik peserta didik kelas XI Asisten Keperawatan B SMK Negeri 2 Pelaihari.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.