Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Sains Sederhana Kelompok B TK Ananda Makassar

Fitriani Fitriani(1*), Herman Herman(2), Isnawati Zainuddin(3),

(1) TK Ananda Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan kemampuan kognitif anak belum berkembang secara optimal. Untuk merespon hal itu, maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Ananda Makassar melalui kegiatan sains sederhana. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Ananda Makassar pada semester II 2020/2021 yang berjumlah 6 anak. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil kemampuan kognitif berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan sains sederhana dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B TK Ananda Makassar.

Kata kunci : kegiatan sains sederhana, kemampuan kognitif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 112 times | PDF view : 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.