Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Permainan Playdough Di Kelompok B TK. Dharma Buana

Asni Rianti(1*), Syamsuardi Syamsuardi(2), Jenny Jenny(3),

(1) TK. Dharma Buana
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK. Yafqaeda
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang dengan baik, anak masih kesulitan dalam melakukan kegiatan mengunting mengikuti pola/garis, bahkan ada anak yang kaku dalam menggerakkan gunting, terkadang anak menggunting diluar garis/pola. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan motorik halus anak melalui permainan playdough kelompok B TK. Dharma Buana. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui permainan playdough anak kelompok B TK. Dharma Buana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu sembilan orang anak. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil peningkatan kemampuan motorik halus dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada siklus I dan Siklus II. Siklus I dan II terdiri dari dua kegiatan yakni mencampur dan meremas adonan serta membuat kreasi bebas dari playdough. Hasil dari siklus I masih terdapat kegagalan dari kedua kegiatan tersebut, sedangkan pada siklus II dari kedua kegiatan tersebut mengalami peningkatan, mencapai kriteria penilaian diatas rata-rata. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui permainan playdough.

Kata Kunci : Motorik halus, Permainan Playdough


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.