Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Kotabaru Tahun Ajaran 2021/2022

Desi Fatmasari(1*), Abd. Muis(2), Dahniar Dahniar(3),

(1) SMPN 1 Kotabaru
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 5 Mandai
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kotabaru semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 pada materi suhu dan perubahannya. Penelitian ini menggunakan LKPD dan lembar observasi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 30% pada kemampuan awal, menjadi 70% pada siklus I, hingga 90% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Model PBL (Problem Based Learning), IPA, hasil belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 85 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.