Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VII A

Nur Muanifah(1*), Sitti Rahma Yunus(2), Dewi Wahyuni(3),

(1) Pendidikan Profesi Guru Bidang Studi IPA
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berdasarkan penilaian harian kalor dan perpindahannya. Tujuan penelitian meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMPS Tunas Agro Subur Kencana dengan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL). Model pembelajaran PBL memiliki 5 tahap yaitu orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan individual / kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Media pembelajaran yang digunakan E-modul dan Canva for Edu. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Materi yang diajarkan yaitu Pengaruh Kalor terhadap Perubahan Suhu dan Wujud. Subjek penelitian 10 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik 36,3 % dan 78 %.

Kata Kunci: Problem Based learning, Metode, Hasil belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 130 times | PDF view : 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.