Penerapan Model Pembelajaran PBL Berintegrasi ICT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII

Suryani Suryani(1*), Jusniar Jusniar(2), Rostina Arsani(3),

(1) SMP Wali Songo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 15 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar melalui penerapan model Probem Based Learning berintegrasi Information and Communication Technology. Tingkat ketuntasan tahun sebelumnya hanya 30%. Tempat dan waktu penelitian di SMP Wali Songo, tanggal 31 Mei - 13 Juli 2021 dengan subjek siswa kelas VII. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengambilan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar71,66 pada siklus I, 74,29 pada siklus II, dan 84,77 pada siklus III. Penerapan model Problem Based Learning berintegrasi Information and Communication Technology dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.

Kata Kunci : Problem Based Learning, ICT, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 82 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.