PenerapanModel PBL untukMeningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VII A SMPIT DHBS Bontang

Irinne Selviyah Dewi(1*), Ismail Ismail(2), Rosdiana Rosdiana(3),

(1) SMPIT Daarul Hikmah Bontang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 3 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak.Penelitian ini berfokus pada penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini ingin meningkatkan hasil belajar IPA kelas VIIA SMPIT DHBS Bontang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A SMPIT DHBS Bontang yang berjumlah 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan evaluasi disetiap siklus. Prosedur pelaksanaan di lakukan dalam 3 siklus. Hasil analisis penelitian dapat di lihat pada data awal hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 14 peserta didik (42%) sedangkan yang belum mencapai ada 20 peserta didik (58%), dan hasil belajar peserta didik dari siklus I yang tuntas mencapai 23 peserta didik (68%) sedangkan hasil belajar peserta didik yang belum tuntas sebanyak 11 peserta didik (32%). Pada siklus II hasil belajar peserta didik yang tuntas mencapai 31 peserta didik (91%), sedangkan hasil belajar peserta didik yang belum tuntas yaitu 3 peserta didik (9%). Dan pada siklus III hasil belajar peserta didik tuntas sebanyak 34 peserta didik (100%) dari nilai KKM yang telah ditentukan sebasar 73. Maka diperoleh kesimpulan, bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII A SMPIT DHBS Bontang

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 55 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.