Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Teknik Dasar Otomotif Kendaraan Ringan

Ony Fadllun Ni’am(1*), Haruna Haruna(2), Syamsuddin M(3),

(1) SMK Muhammadiyah 5 Babat
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMK N 1 Takalar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan hasil belajar Produktif pada materi Teknik Dasar Otomotif Kendaraan Ringan dengan metode pembelajaran berbasis masalah pada peserta didik SMK Muhammadiyah 5 Babat kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Muhammadiyah 5 Babat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan soal tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajarpeserta didik kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Muhammadiyah 5 Babat yaitu Pada siklus 1: ranah kognitif 83,07 dengan ketuntasan 86%, ranah psikomotorik 77,07 dengan ketuntasan 79%, ranah afektif 76,79 dengan ketuntasan 79%. Pada siklus 2: ranah kognitif 80,4 dengan ketuntasan 78%, ranah psikomotorik 77,78 dengan ketuntasan 89%, ranah afektif 77,78 dengan ketuntasan 78%. Pada siklus 3 ranah kognitif 91,7 dengan ketuntasan 100%, ranah psikomotorik 81,2 dengan ketuntasan 100%, ranah afektif 80 dengan ketuntasan 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Muhammadiyah 5 Babat pada materi Teknik Dasar Otomotif Kendaraan Ringan.

Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.