Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Buntao Satap

Sulianra Abdullah(1*), Muh. Tawil(2), Yenni Rahman(3),

(1) SMPN 4 Buntao Satap
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 2 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran
problem based learning (PBL) pada pembelajaran usaha dan pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII B SMPN 4 Buntao Satap. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMPN 4 Buntao Satap TP 2021/2022. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA siswa pada praktik mengajar siklus I sebesar 62,50 dengan ketuntasan belajar 31,5 %. Selanjutnya pada praktik mengajar siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar 70,00 dengan ketuntasan belajar 47,3 %. Dan pada praktik mengajar siklus III diperoleh skor rata-rata hasil belajar 78,4 dengan ketuntasan belajar 78,9 %. Dengan demikian penelitian ini sudah berhasil karena terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan dari skor rata-rata 62,50 di siklus I hingga 78,4 di siklus III. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model problem based learning pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII B SMPN 4 Buntao Satap.

Kata Kunci : Problem Based Learning 1, Hasil Belajar 2


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 103 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.