Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Sebagai Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII Teknik Kendaraan Ringan SMKS Darussalam Blokagung Pada Kompetensi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

Ahmad Syafiudin(1*), Saharuna Saharuna(2), Mansyur Azikin(3),

(1) SMKS Darussalam Blokagung
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMKN 10 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yangbertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Smks Darussalam Blokagung pada Kompetensi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 20 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan proses penelitian  merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan siklus I dan siklus II, mengadakan pengamatan selama berlangsungnya pembelajaran pada siklus I dan siklus II, mengadakan evaluasi pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tes akhir siklus I adalah 6,48 dan nilai rata-rata pada tes akhir adalah 8,05 berarti ada peningkatan sebesar 1,57. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat diperoleh gambaran bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan Smks Darussalam Blokagung pada Kompetensi Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dapat ditingkatkan dengan menggunakan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.

Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, Pemeliharaan Mesin, Kendaraan Ringan


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.