Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di SMK PGRI Singosari

Novita Nuraini(1*), Saharuna Saharuna(2), Mansyur Azikin(3),

(1) SMK PGRI Singosari
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMKN 10 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Pandemi COVID 2019 memaksa pemerintah membatasi pertemuan tatap muka pada pendidikan. Dilain sisi, SMK PGRI Singosari telah bekerja sama dengan Industri untuk menyediakan lulusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Kebutuhan akan lulusan yang sesuai kebutuhan industry terhambat karena jam praktik terbatas. Akibatnya siswa yang masuk Kriteria Ketuntasan Minimal menurun. Salah satu cara yang patut dicoba adalah metode pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat jumlah siswa yang masuk Kriteria Ketuntasan Minimal pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di kompetensi keahlian TKR. Data kuantitatif untuk menggali keefektivan metode pembelajaran tutor sebaya dilakukan pada Ujian Praktik Kejuruan (UPK). Sampel pra penelitian diambil dari nilai UPK II. pengambilan data penelitian diambil 2 kali yaitu UPK III dan IV. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ujian praktik kejuruan III ada 7 siswa yang nilainya masuk kriteria kelulusan dan meningkat di UPK IV ada 39 siswa yang nilainya masuk kriteria kelulusan.

Kata Kunci : Tutor sebaya, peer learning, ujian praktik kejuruan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.