Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Kartu Angka Bergambar

Siti Masitoh(1*), Nurhikmah Nurhikmah(2), Faliha Mahnur(3),

(1) TK Hidayaturrahman
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Handayani Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan kognitif melalui media kartu angka bergambar di TK Hidayaturrahman Leles Garut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK Hidayaturrahman Leles Garut yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian adalah kemampuan kognitif anak melalui media kartu angka bergambar. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penelitian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan dan wawancara menggunakan pedoman wawancara dengan guru kelompok B untuk mengetahui kondisi dan permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kobnitif anak berkembang sangat baik. Hasil pada akhir siklus II peserta didik yang menunjukkan hasil belum berkembang (BB) tidak ada, mulai berkembang ada 1 anak yaitu 6,6%, dan berkembang sesuai harapan (BSH) ada 2 anak yaitu 13,3%, dan berkembang sangat baik (BSB) ada 12 anak yaitu 80%.

Kata Kunci: Media Kartu Angka Bergambar, Kemampuan Kognitif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.