Meningkatkan Kemampuan Bahasa dengan Mengenal Huruf Melalui Metode Permainan Kartu Huruf

Rasmi Rasmi(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2), Ita Rostia Ichsan(3),

(1) TK Negeri Dharma Wanita Benteng
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Aisyah Mamajang
(*) Corresponding Author



Abstract


Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa apakah dengan pengenalan huruf dengan metode permainan kartu huruf dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak yang berada di TK Negeri Dharma Wanita Benteng. Adapun dalam kegiatan yang disebut dengan penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada peserta didik kelompok B usia 5-6 tahun. Kegiatan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan pembelajaran adalah persiapan mengajar, persiapan perangkat pembelajaran, persiapan sarana dan prasarana. Data yang dikumpulkan berdasarkan analisis kompetensi dasar dan hasil observasi kegiatan belajar. Data dari kasus siklus pertama yaitu kemampuan bahasa anak hanya mencapai 40%. Hal ini berdasarkan hasil penilaian anak yang sebagian besar hanya mendapatkan nilai MB (mulai berkembang) dan BB (belum berkembang). Dan berkat menciptakan metode kreatif dalam bermain kartu huruf dapat meningkat sehingga pada siklus ketiga mencapai hampir 90%. Dan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan kemampuan bahasa dalam pengenalan huruf melalui metode permainan kartu huruf anak usia 5-6 tahun dapat meningkat dari 40% naik mencapai hampir 90 %. Hal ini membuktikan bahwa dengan menciptakan metode yang kreatif dengan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak.

Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Mengenal Huruf, Kartu Huruf


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 259 times | PDF view : 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.