Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Erna Wiji Astutik(1*), Jusniar Jusniar(2), Masniaturofikoh Masniaturofikoh(3),

(1) SMP YAPIS Kaimana
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP N 8 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIIIA melalui model pembelajaran Problem Based Learning di SMP YAPIS Kaimana.. Hasil penelitian, setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning, menunjukkan peningkatan hasil blajar IPA. Hasil belajar siswa telah meningkat setelah dilakukan tes hasil belajar maka dapat dilihat dengan nilai rata-rata siklus I untuk rata-rata nilai pengetahuan yaitu 71,43. Hasil belajar meningkat 77,00 pada siklus II dan 83,00 pada siklus III. Disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dalam pengajaran IPA ke mata pelajaran lain sebagai cara alternatif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 351 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.