Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Rini Fadillah(1*), Herman Herman(2), Rahmia Rahmia(3),

(1) SMPN 7 Sungai Raya
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SMPN 6 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Sungai Raya. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan secara daring melalui aplikasi Google Meet. Prosedur pelaksanaan penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi dalam setiap siklus. Persentase ketuntasan belajar pada Siklus I adalah 60,00%, Siklus II menjadi 75% dan siklus III menjadi 85%. Hasil penelitian di atas membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning secara daring dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 7 Sungai Raya.

Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 141 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.