Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
(1) SMPN Satap 4 Takkalalla
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 8 Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN Satap 4 Takkalalla. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap satu siklus berlangsung selama 10 hari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar setiap siklus berupa tes online. Teknik lembar observasi aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN Satap 4 Takkalalla.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Aktivitas dan hasil belajar Peserta didik
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 147 times | PDF view : 112 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Profesi Kependidikan Index by:
Published by:
Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 085256901360
Email: teknikmesin@unm.ac.id
JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License