Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

Arisah Arisah(1*), Adnan Adnan(2), Amira Amira(3),

(1) SMPN Satap 4 Takkalalla
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 8 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN Satap 4 Takkalalla. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan setiap satu siklus berlangsung selama 10 hari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar setiap siklus berupa tes online. Teknik lembar observasi aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN Satap 4 Takkalalla.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Aktivitas dan hasil belajar Peserta didik


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 147 times | PDF view : 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Profesi Kependidikan Index by:

  

 

Published by:

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar

Address: Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Gedung EJ 202, Kampus UNM Parangtambung, Jalan. Daeng Tata Raya, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia

Telpon: (0411) 889629, SMS/WA: 085256901360

 Email: teknikmesin@unm.ac.id 

 

JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License