Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Rawalo

Yuli Munazah(1*), Jusniar Jusniar(2), Rostina Arsani(3),

(1) SMP Muhammadiyah Rawalo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 15 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Proses pembelajaran siswa yang masih pasif dan 50% dari seluruh siswa di kelas masih belum mencapai ketuntasan belajar. Model Problem Based Learning dipilih untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Instrumen yg digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada aktivitas siklus 1 33%, 2 dan 3 56% siswa mulai aktif. Ketercapaian KKM hasil belajar siswa siklus I 44%, siklus II 78% dan siklust III 55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Rawalo.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Aktivitas siswa, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 88 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.