Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Rawalo
(1) SMP Muhammadiyah Rawalo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 15 Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Proses pembelajaran siswa yang masih pasif dan 50% dari seluruh siswa di kelas masih belum mencapai ketuntasan belajar. Model Problem Based Learning dipilih untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 3 siklus. Instrumen yg digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian pada aktivitas siklus 1 33%, 2 dan 3 56% siswa mulai aktif. Ketercapaian KKM hasil belajar siswa siklus I 44%, siklus II 78% dan siklust III 55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah Rawalo.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Aktivitas siswa, Hasil Belajar
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 88 times | PDF view : 17 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.