Meningkatkan Hasil Belajar Kelistrikan Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Kelas XI TBSM SMK Negeri 11 Samarinda

Muhammad Zainul Muhtadin(1*), Saharuna Saharuna(2), Mansyur Azikin(3),

(1) SMKN 11 Samarinda
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMKN 10 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaranProblem Based Learning di kelas XI TBSM SMK Negeri 11 Samarinda. Penelitian dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus ada 4 tahap dengan jenis diskriptif kualitatif, instrumen yang digunakan berupa : 1)lembar observasi, 2) soal tes dan soal lembar kerja.Hasil penelitian terdapat peningkatan rata-rata hasil penilaian Siklus I 62 menjadi 71,14 pada Siklus II dan menjadi 83,71 pada Siklus III. Hasil penilan siswa tes formatif dari 35 siswa yang tuntas pada Siklus I ada 12 siswa atau 34,28% dan yang belum tuntas 23 siswa atau 65,71%, pada Siklus II yang tuntas ada 20 siswa atau 57,14% yang belum tuntas 15 siswa atau 42,85%, dan pada Siklus III ada 33 siswa atau 94,28% tuntas dan yang belum tuntas ada 2 siswa atau 5,71%.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.