Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning Siswa SMP Muhammadiyah Muntilan

Nurullita Nurullita(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Satwika Trianti Ngandoh(3),

(1) SMP Muhamadiyah Muntilan,
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 14 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana, serta kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru. Penelitian bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan Model Problem Based Learning. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Muntilan Tahun Pelajaran 2021/2022. Analisis data dengan membandingkan hasil belajar pada siklus pertama, kedua, dan ketiga. Ketuntasan belajar siklus pertama sebesar 57,89%, siklus kedua 86,67%, serta siklus ketiga sebesar 100%. Dengan demikian, penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Muhammadiyah Muntilan pada Materi Pesawat Sederhana.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pesawat Sederhana


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 108 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.