Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Siswa Kelas VIIID SMP Datok Sulaiman Palopo

Pallawa Rukka(1*), Alimin Alimin(2), Martiningsih Martiningsih(3),

(1) SMP Datok Sulaiman Palopo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 6 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi getaran, gelombang dan bunyi dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIID SMP Datok Sulaiman Palopo pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase siswa yang termotivasi sebesar 47%, pada siklus II meningkat menjadi 60% dan pada siklus III diperoleh persentase siswa yang termotivasi sebesar 75%. Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 59%, siklus II meningkat menjadi 70% dan siklus III meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem-Based Learning, Motivasi belajar, Hasil belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.