Efektivitas Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VII

Hardiansyah Hardiansyah(1*), Ismail Ismail(2), Yenni Rahman(3),

(1) MTsN 2 Ketapang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 2 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan observasi di MTsN 2 Ketapang dalam pembelajaran, guru belum mengoptimalkan pembelajaran inovatif sehingga daya serap dan aktivitas siswa rendah. Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA melalui penerapan model PBL. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimen melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest Design dengan sampel sebanyak 17 orang. Data dikumpulkan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi dan angket. Selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif. (1) 82,35% dari 17 siswa (pretest) mengalami ketuntasan. (2) Persentase penilaian aktivitas siswa 85%. (3) Persentase jawaban positif siswa 81%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas VII.

Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran IPA, PBL


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 167 times | PDF view : 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.