Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Wilda Yuni Yusvadila(1*), Herman Herman(2), Rahmia Rahmia(3),

(1) Universitas Negeri Makasar
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) SMPN 6 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian adalah penelitian tindakan kelas, bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik di SMP Negeri 8 Sekadau hilir. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 berjumlah 25 orang. Data yang dikumpul dianalisis dan diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 60%(15 orang) dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 90 % (23 orang) yang tuntas dari 25 0rang siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi IPA kelas VIII di SMP Negeri 8 Sekadau Hilir.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Based Learning, IPA, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 63 times | PDF view : 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.