Penerapan Problem Based Learning dan Window Shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik

Nur Ika Sulistyaratih(1*), Adnan Adnan(2), Sehalyana Sehalyana(3),

(1) SMPN 9 Muara Teweh
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 30 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi pada Manusia di kelas IX A SMPN 9 Muara Teweh. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model Problem Based Learning dan metode Window Shopping. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas observasi, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata hasil belajar siklus I 60,00, Siklus II 79,16 dan siklus III 86,66. Ketuntasan hasil belajar yang didapatkan adalah 58,33% pada siklus I, menjadi 83,33 % di siklus II dan 91,66 % di siklus III. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan metode Window Shopping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Sistem Reproduksi pada Manusia di kelas IX A SMPN 9 Muara Teweh.

Kata Kunci : Problem Based Learning , window shopping, hasil belajar, ketuntasan belajar, Sistem reproduksi pada Manusia


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 245 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.