Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa SMPN 1 Parigi Utara Melalui Model Pembelajaran PBL

Andriyani Andriyani(1*), Alimin Alimin(2), Asri Asri(3),

(1) SMP Negeri 1 Parigi Utara
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMP Negeri 6 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai mata pelajaran IPA sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPA. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas siswa, aktivitas guru, dan test akhir setiap siklus. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 50,00 % , Siklus II menjadi 58,00 % dan siklus III menjadi 75,00%. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IX SMP Negeri 1 Parigi Utara.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, dan Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 315 times | PDF view : 117 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.