Penerapan Problem Based Learning dalam Materi Sistem Pencernaan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Kikie Septiyana(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Satwika Trianti Ngandoh(3),

(1) SMP Al Fusha Kedungwuni
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SMP Negeri 14 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Hasil identifikasi masalah materi sistem pencernaan terdapat miskonsepsi pada nutrisi, hubungan antara pencernaan mekanik dan kimiawi, peranan enzim dalam proses pencernaan. PBL berpijak pada masalah, mandiri dalam menemukan solusi, menggunakan pendekatan berpikir ilmiah, berkomunikasi, mengolah data, dan membuat kesimpulan. 3 siklus penelitian dengan sasaran kelas VIII A SMP Al Fusha Kedungwuni TP.2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar, peserta didik terbiasa orientasi masalah di awal pembelajaran, senang diskusi dan bekerja kelompok. Siklus 1 rerata nilai 75 (68,75%). Siklus 2 rerata nilai 80,6,(81,25%). Siklus 3 rerata nilai 81,25 (93,75%). Maka penerapan PBL meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Sistem Pencernaan.

Kata kunci: Model Problem Based Learning (PBL), Sistem Pencernaan, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 296 times | PDF view : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.