Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi K3LH

Dwi Hariyanti(1*), Hasri Hasri(2), Ruhmah Ruhmah(3),

(1) SMK PGRI 1 Kediri
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMTI Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Kediri pada materi Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH) dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan tiga siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK PGRI 1 Kediri sebanyak 12 peserta didik. Metode yang digunakan diskusi dan menggunakan pendekatan saintifik/ TPACK. Instrumen penelitian aktivitas peserta didik menggunakan lembar penilaian ketrampilan dan instrumen penelitian hasil belajar peserta didik menggunakan tes evaluasi yang dilaksanakan di setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Persentase keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 41,67%, pada siklus II sebesar 66,67% dan pada siklus III meningkat menjadi 83,33%. Persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 58,33%, pada siklus II sebesar 75% dan pada siklus III meningkat menjadi 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X pada materi K3LH.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil belajar, K3LH


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.