Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IX SMPN 2 Angsana

Herni Rosidah Ana(1*), Herman Herman(2), Rahmia Rahmia(3),

(1) SMPN 2 Angsana
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SMPN 6 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian berfokus pada meningkatkan keaktifan belajar pada materi sistem reproduksi manusia peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Angsana dengan model PBL. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX pada semester ganjil TP 2021/2022 dengan jumlah 14 orang. Penelitian berlatar belakang pengalaman selama mengajar materi sistem reproduksi manusia peserta didik kurang aktif terutama untuk bertanya karena metode pembelajaran yang masih digunakan adalah ceramah, sehingga diharapkan dengan model PBL dapat meningkatkan keaktifan peserta didik untuk belajar terutama untuk bertanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian keaktifan belajar, berupa lembar observasi aktivitas peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar.

Kata kunci: PBL, Keaktifan Belajar, Sistem Reproduksi Manusia


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 176 times | PDF view : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.