Penerapan Model Pembelajaran PBLuntuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Trully Sanuri Damayanti(1*), Muhiddin Palennari(2), Paulus Rante(3),

(1) SMP Tunas Agro
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SMPN 20 Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan
menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Bahan Kimia dalam Kehidupan. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus secara luring dan daring. Tempat pelaksanaan penelitian dilakukan di SMP Tunas Agro, Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah. Langkah kegiatan PPL menggunakan model PBL terdiri dari pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, bahan ajar, Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) dan alat evaluasi. Objek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII A Tahun Pelajaran 2021/2022. Pembelajaran menggunakan model PBL meningkatkan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta didik yang nilainya melampaui KBM. disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : IPA,PTK, Model Pembelajaran PBL, SMP Tunas Agro


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.