Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Menggunakan Benda-Benda Yang Ada Dilingkungan Sekitar

Wiwin Winarti(1*), Syamsiah D.(2), A. Mardiana(3),

(1) TK Dharma Wanita Plosokidul
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Rianyoma No. 33
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun melalui bermain menggunakan benda di lingkungan sekitar di TK Dharma Wanita Plosokidul. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelompok B TK Dharma Wanita Plosokidul. Data dikumpulkan melalui observasi dan unjuk kerja kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif anak pada siklus I sebesar 30% meningkat menjadi 90% pada siklus II.

Kata Kunci: Perkembangan kognitif, bermain, benda-benda yang ada dilingkungan sekitar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 84 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.