Penerapan Model Pembelajaran PBL Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik

Syukur Muhammad(1*), Muh. Tawil(2), Yenni Rahman(3),

(1) UPT SMP Negeri 2 Seko
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SMPN 1 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA peserta didik kelas VII A UPT SMP Negeri 2 Seko. Berdasarkan hasil observasi dan pengamatan pada saat berlangsungnya pembelajaran di kelasVII A, sebagian besar peserta didik ketika diminta bertanya dan menjawab peserta didik cenderung pasif dan memilih diam serta cenderung tidak memperhatikan penjelasan guru. Selain itu kemampuan peserta didik dalam menjalin kolaborasi dengan teman lain menjadi berkurang sehingga keaktifan peserta didik semakin sulit dicapai. Penelitian ini dilakasanakan dengan 3( tiga) siklus penelitian. Dapat disimpulkan bahwa keaktifan peserta didik pada proses pembelajaran di kelas VII A UPT SMP Negeri 2 Seko dengan pembelajaran menggunakan model PBL (Problem Based Learning) meningkat hingga 80 %, serta dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik..

Kata Kunci : Keaktifan, peserta didik, Problem Based Learning


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.