Peningkatan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL)

Noni Sartika(1*), Syamsiah Syamsiah(2), Wahyuni Limonu(3),

(1) SMPN 1 Mentaya Hulu
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik tentang materi Sistem Reproduksi Manusia menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 di SMPN 1 Mentaya Hulu, dengan jumlah peserta didik 10 orang. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I, siklus II dan siklus III, dengan persentase ketuntasan 60% dengan rata-rata 70 pada siklus I, menjadi 70% dengan rata-rata 78 pada siklus II, serta menjadi 90% dengan rata-rata 84 pada siklus III. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Sistem Reproduksi Manusia di Kelas IX di SMPN 1 Mentaya Hulu.

Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), hasil belajar IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 126 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.