Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Peserta Didik Kelas VIII A SMP Negeri 7 Ketapang

Dina Priatina(1*), Jusniar Jusniar(2), Masniaturofikoh Masniaturofikoh(3),

(1) SMP Negeri 7 Ketapang
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SMPN 8 Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 7 Ketapang. Masalah yang diselidiki adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi zat aditif dan adiktif. Adapun jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Hasil analisis penilaian tiap siklus, persentase daya serap klasikal mengalami peningkatan dari siklus I adalah 76,00%, pada siklus II menjadi 80,00%, dan pada siklus III menjadi 86,00. Hasil dari pelaksanaan tindakan menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning baik digunakan dalam pembelajaran IPA.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 86 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.