Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Melalui Metode Pendekatan Saintifik Pada Kelompok B TK Runiah School Makassar

Heriana Heriana(1*), Herman Herman(2), Isnawati Zainuddin(3),

(1) TK Runiah School Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) TK Aisyiyah Bustanul Atfal VI Manggala
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak kelompok B TK Runiah School dengan metode pendekatan saintifik. subjek penelitian adalah siswa kelompok B TK Runiah School pada semester I 2021/2022 yang berjumlah 8 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi. hasil observasi menunjukkan kemampuan berbahasa anak di TK Runiah School rendah, Penelitian ini dilaksanakan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Analisis data menunjukkan kemampuan bahasa ekspresif anak sebesar 62 % pada siklus I dan 85 % pada siklus II. Hasil penelitian disimpulkan bahwa metode pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, kemampuan bahasa ekspresif


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.